free web page counters

2 Cara Menghilangkan Kalender Ulang Tahun Facebook Termudah di HP dan PC

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Siapa nih yang lagi kebingungan untuk menghilangkan kalender ulang tahun Facebook? Nah, kalau kamu ingin menghilangkan kalender ulang tahun Facebook bisa ikuti tutorial berikut ini. Sebenarnya, untuk menghilangkan kalender ulang tahun Facebook ini sangat mudah, hanya satu kali klik.

Tapi, perlu kamu ketahui juga bahwa sebenarnya kalender tersebut tidak benar-benar dihilangkan melainkan hanya disembunyikan sehingga hanya kamu saja yang bisa melihat informasi ulang tahun di Facebook.

Jadi, tanpa berlama-lama lagi, mari kita langsung saja coba tutorial lengkap untuk cara menghilangkan kalender ulang tahun Facebook termudah lewat HP dan PC.

Cara Menghilangkan Kalender Ulang Tahun Facebook

Facebook bisa diakses di berbagai platform, HP dan PC. Oleh karena itu, kamu bisa coba menghilangkan kalender ulang tahun Facebook ini lewat HP dan PC.

Bagaimana dengan merek HP dan PC-nya? Tidak pengaruh sama sekali, karena baik Android, iOS, atau merek HP dan PC/laptop lainnya tetap bisa ikuti tutorial berikut ini:

1. Menghilangkan Kalender Ulang Tahun Facebook Lewat HP

Untuk pengguna Android maupun iOS, kamu bisa coba ikuti tutorial yang sudah kami coba sendiri untuk menghilangkan kalender ulang tahun Facebook, silakan disimak!

1. Pertama, kamu bisa masuk ke akun Facebook dan kunjungi profil Facebook kamu.

2. Setelah itu, kamu klik bagian Details yang ada di profil Facebook kamu.

Menghilangkan Kalender Ulang Tahun Facebook Lewat HP 1sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

3. Nah, kamu bisa langsung scroll ke bawah sampai menemukan Basic Info yang berisi ulang tahun kamu. Klik pada bagian ulang tahun kamu.

Menghilangkan Kalender Ulang Tahun Facebook Lewat HP 2sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

4. Selanjutnya, kamu bakal lihat setting ulang tahun dan tahunnya. Nah, kamu bisa klik bagian Friends of Friends satu per satu di Birthday dan Birth Year.

Menghilangkan Kalender Ulang Tahun Facebook Lewat HP 3sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

5. Terakhir, akan muncul jendela baru dengan beberapa opsi. Untuk menghilangkan kalender ulang tahun Facebook, bisa pilih Only me.

Menghilangkan Kalender Ulang Tahun Facebook Lewat HP 4sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

2. Menghilangkan Kalender Ulang Tahun Facebook Lewat PC

Untuk cara yang satu ini juga sebenarnya sama saja dengan tutorial yang ada di HP, namun mungkin ada sedikit tata letak paper yang berbeda. Mari kita coba tutorialnya dengan ikuti setiap langkah berikut ini!

1. Seperti sebelumnya, kamu bisa login akun Facebook dulu lewat PC, atau klik link ini untuk kunjungi web Facebook.

2. Setelah itu, kamu masuk ke bagian profil Facebook, dan perhatikan bagian bar di sebelah kiri. Lalu, kamu bisa klik Edit details

Menghilangkan Kalender Ulang Tahun Facebook Lewat PC 1sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

3. Setelah itu akan muncul jendela baru dengan berbagai pilihan, nah kamu bisa pilih yang bagian bawah yaitu Update Your Information.

Menghilangkan Kalender Ulang Tahun Facebook Lewat PC 2sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

4. Lalu, kamu fokus dulu ke bagian kiri di “About”, dan sekarang kamu bisa klik pada bagian Contact and basal info.

Menghilangkan Kalender Ulang Tahun Facebook Lewat PC 3sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

5. Setelah itu, di dalam ‘Basic Info’ akan muncul berbagai informasi tentang profil Facebook kamu, salah satunya adalah ulang tahun dan tahun lahir. Kamu bisa klik bagian Pensil yang ada di bagian ulang tahun.

Menghilangkan Kalender Ulang Tahun Facebook Lewat PC 4sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

6. Untuk menyembunyikan ulang tahun di Facebook, kamu bisa klik lagi di opsi Friends of friends. Lakukan satu per satu untuk bagian tanggal lahir dan tahun lahir.

Menghilangkan Kalender Ulang Tahun Facebook Lewat PC 5sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

7. Terakhir, untuk menyembunyikan atau menghilangkan informasi ulang tahun di Facebook maka kamu bisa memilih opsi Only maine yang artinya hanya kamu yang dapat melihat informasi tersebut.

Menghilangkan Kalender Ulang Tahun Facebook Lewat PC 6sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

Cara Mengatasi Tidak Bisa Menghilangkan Informasi Ulang Tahun di FB

Beberapa faktor tidak bisa masuk akun Facebooksumber gambar: dlxmedia.hu/Unsplash

Namun terkadang kamu terkendala untuk menghilangkan informasi ulang tahun di Facebook. Untuk itu, kami punya beberapa tips dan trik untuk cara mengatasi ketika kamu tidak bisa menghilangkan informasi ulang tahun di FB, silakan coba satu per satu tipsnya, ya:

1. Periksa Pengaturan Notifikasi

  • Di HP: Buka aplikasi Facebook, masuk ke paper ‘Pengaturan & Privasi’, kemudian pilih ‘Pengaturan’. Di sana, cari dan pat pada ‘Notifikasi’, dan carilah opsi yang berkaitan dengan ulang tahun. Pastikan kamu telah mematikan notifikasi untuk ulang tahun.
  • Di PC: Klik dropdown paper di sudut kanan atas, pilih ‘Pengaturan & Privasi’, kemudian ‘Pengaturan’. Di sidebar kiri, klik ‘Notifikasi’, dan sesuaikan pengaturan untuk ulang tahun agar tidak menerima pemberitahuan.

2. Sesuaikan Kalender

Jika notifikasi sudah dimatikan namun ulang tahun masih muncul di kalender, kamu mungkin perlu cek dan ubah pengaturan kalender.

  • Di HP, buka aplikasi kalender yang terhubung dengan akun Facebookmu dan cari opsi untuk menghilangkan kalender dari Facebook.
  • Di PC, buka pengaturan kalender Facebook melalui pengaturan akun dan sesuaikan dari sana.

3. Ubah Izin Aplikasi

Terkadang, aplikasi pihak ketiga yang terhubung ke Facebook bisa mempengaruhi informasi facebook yang ditampilkan. Periksa aplikasi yang memiliki akses ke akun Facebookmu dan pastikan tidak ada yang secara otomatis mengatur ulang pengingat ulang tahun yang telah kamu hilangkan.

4. Hubungi Dukungan Facebook

Jika semua cara di atas tidak berhasil, mungkin ada masalah teknis dengan akunmu. Dalam kasus ini, sebaiknya hubungi dukungan Facebook. Mereka dapat memberikan bantuan lebih lanjut dan mengidentifikasi jika ada kesalahan pada sistem.

Kadang-kadang, fitur pada level sosial seperti Facebook bisa saja tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau pengaturan tidak semulus yang kita harapkan.

Selalu ada opsi untuk mencari solusi melalui pusat bantuan mereka atau forum-forum pengguna untuk mendapatkan tips lebih lanjut yang mungkin belum kamu coba.

Fungsi Informasi Ulang Tahun di Facebook

etika mengunduh video facebook di akun privatesumber gambar: Unsplash/Timothy Hales Bennett

Nah, sebenarnya tidak apa-apa jika kamu ingin menyembunyikan informasi soal ulang tahun di Facebook, tapi ternyata ulang tahun di Facebook itu punya fungsinya sendiri lho. Kira-kira apa saja fungsi dari informasi kalendar ulang tahun Facebook?

  • Mengingatkan Ulang Tahun Sesama Teman Facebook: Salah satu fungsi utama dari informasi ulang tahun di Facebook adalah untuk mengingatkan kamu tentang ulang tahun teman-temanmu. Dengan adanya notifikasi ini, kamu bisa memberikan ucapan selamat atau mengirimkan pesan khusus untuk menunjukkan perhatianmu, begitu pun sebaliknya.
  • Memperkuat Hubungan Sosial: Dengan memberikan ucapan ulang tahun, kamu tidak hanya menunjukkan kepedulian, tapi juga memperkuat hubungan sosial dengan teman-temanmu sehingga kamu bisa memiliki hubungan yang lebih hangat dan erat dengan teman Facebook mu.
  • Menjaga Engagement: Facebook menggunakan fitur ini untuk menjaga engagement penggunanya. Dengan mengirim notifikasi ulang tahun, Facebook mendorong penggunanya untuk login dan berinteraksi dengan konten di Facebook sehingga bisa meningkatkan waktu bermain Facebook.
  • Personalisasi Berdasarkan Pengalaman Pengguna: Informasi ulang tahun membantu Facebook dalam mempersonalisasi pengalaman pengguna. Berdasarkan information ulang tahun, Facebook bisa menyesuaikan jenis konten, iklan, dan rekomendasi yang muncul di provender kamu sehingga konten yang muncul di Facebook bisa lebih relevan.

Nah, selesai sudah untuk tutorial lengkap tentang menyembunyikan informasi ulang tahun dalam profil Facebook kamu. Jadi pada intinya adalah, semua informasi yang ada dalam profil Facebook itu bisa kamu kostumasi sesuai dengan kebutuhan.

Kamu bisa memilih informasi apa saja yang akan ditampilkan ke umum dan informasi mana saja yang menurut kamu privat dan tidak bisa dikonsumsi oleh umum.

Fitur untuk menyembunyikan informasi ini adalah salah satu langkah Facebook untuk menjaga keamanan dan privasi penggunanya.

Jika kamu punya pengalaman lain soal Facebook, atau punya kendala tentang Facebook, silakan langsung tanyakan lewat kolom komentar, ya.