free web page counters

2 Cara Tag Teman di Facebook Termudah Lewat HP dan PC

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Facebook adalah aplikasi sosial media yang kaya akan fitur. Ia menyematkan banyak fitur untuk kebutuhan komunikasi yang efektif untuk penggunanya, salah satunya adalah tag teman di Facebook.

Menandai atau tag teman di Facebook ini biasanya dilakukan saat kamu akan mem-posting sesuatu di Facebook. Contohnya, ketika kamu mau posting foto di Facebook bersama teman, kamu bisa tandai teman tersebut di postingan foto tersebut dengan menyebut namanya.

Mungkin kamu agak bingung dengan cara menandai atau tag teman di Facebook, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena kami sudah memberikan tutorial lengkap dan item dengan gambar melalui artikel ini.

Tidak hanya tutorial cara tag teman di Facebook, kami juga akan membahas fungsi dari fitur tag dan etika tag teman di Facebook. Yuk, langsung simak saja ulasan kami berikut ini!

Cara Mudah Tag Teman di Facebook

Sesuai dengan judul, ada dua cara tag teman di Facebook, yaitu menggunakan platform di HP dan PC. Untuk kedua cara ini tidak terbatas pada merek HP dan PC/laptop, ya, karena cara tag teman di Facebook ini bisa dilakukan pakai HP apapun dan merek laptop apapun.

1. Cara Tag Teman di Facebook Lewat HP

Untuk cara tag yang satu ini bisa kamu terapkan baik di HP Android maupun iPhone, jadi apapun merek HP-nya, silakan ikuti tutorial untuk menandai teman di Facebook berikut ini, ya:

1. Langkah awal, kamu tentu harus masuk ke aplikasi Facebook. Jangan lupa, pastikan dulu bahwa kamu sudah login akun Facebook di HP, ya.

2. Jika sudah, kamu bisa klik bagian What’s connected your mind? untuk mulai tulis position atau kirim postingan.

Cara Tag Teman di Facebook Lewat HP 1sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

3. Setelah itu, kamu langsung ketik saja postingan yang mau kamu tulis. Untuk tag teman di Facebook, bisa pakai simbol ‘@’ atau ‘at’. Kemudian, kamu bakal disuguhkan banyak nama teman Facebook, nah pilih saja teman yang mau kamu tandai. Memilihnya adalah dengan klik nama yang ingin kamu tandai.

Cara Tag Teman di Facebook Lewat HP 2sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

4. Jika kamu sudah memilih, nanti nama teman yang kamu tag akan berubah menjadi biru.

5. Nah, kalau ketikan dan tulisan postingannya sudah benar, kamu bisa klik Next.

Cara Tag Teman di Facebook Lewat HP 3sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

6. Selesai, sekarang kamu bisa langsung klik Post untuk posting. Gampang banget, kan?

Cara Tag Teman di Facebook Lewat HP 4sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

2. Cara Tag Teman di Facebook Lewat PC atau Laptop

Seperti yang kita tahu bahwa Facebook juga tidak hanya bisa diakses melalui HP melainkan bisa dibuka lewat PC atau laptop. Kamu bisa instal aplikasi facebook di laptop, atau kalau kamu tidak mau repot maka bisa langsung kunjungi website Facebook di sini.

Namun sebenarnya, untuk melakukan tag teman di FB, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang mirip dengan tutorial di HP. Meski begitu memang bahwa tata letaknya agak sedikit berbeda. Beginilah caranya untuk tag teman Facebook lewat PC atau laptop:

1. Setelah kamu masuk ke akun Facebook, kamu langsung klik bagian What’s connected your mind, Listiorini Ajeng? Nah, namanya bisa berubah sesuai dengan nama FB kamu, ya.

Cara Tag Teman di Facebook Lewat PC atau Laptop 1sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

2. Setelah itu, kamu bisa langsung bikin postingan di bagian What’s connected your mind, Listiorini Ajeng?

Cara Tag Teman di Facebook Lewat PC atau Laptop 2sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

3. Kamu tinggal ketik postingan yang mau kamu ungkapkan, lalu jangan lupa pakai simbol @ atau at, dan pilih nama teman Facebook yang ingin kamu tag.

4. Jika sudah maka akan muncul tanda biru di bagian nama teman yang ditag tadi. Cek dulu postingannya, kalau sudah yakin benar maka silakan lanjutkan klik Next.

Cara Tag Teman di Facebook Lewat PC atau Laptop 3sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

5. Nah, sekarang langkah terakhir yaitu klik Post.

Cara Tag Teman di Facebook Lewat PC atau Laptop 4sumber gambar: Listiorini/Urbandigital

Etika Tag Orang atau Teman di Facebook

Etika Tag Orang atau Teman di Facebooksumber gambar: Gadgetren

Menggunakan fitur tag di Facebook memang bisa membuat interaksi dengan teman menjadi lebih seru dan terasa lebih dekat.

Namun, ada etika yang sebaiknya kamu ikuti saat menandai orang atau teman di Facebook untuk memastikan semua orang merasa nyaman. Berikut ini adalah beberapa etika saat menandai orang atau teman di Facebook:

1. Pertimbangkan Konten yang Sesuai

Sebelum menandai atau tag seseorang, pertimbangkan dulu apakah konten tersebut sesuai dan relevan untuk orang yang ingin kamu tag atau tidak.

Sbeaiknya, hindari tag teman Facebook di foto atau postingan yang mungkin membuat mereka tidak nyaman sehingga bisa menimbulkan kesalahpahaman.

2. Minta Izin Terlebih Dahulu

3. Perhatikan Pengaturan Privasi

Beberapa orang mungkin memiliki pengaturan privasi yang ketat tentang siapa saja yang dapat melihat konten saat mereka dapat kiriman tag dari orang lain.

Jadi, sebelum kamu tag seseorang di Facebook, pastikan dulu bahwa postingan kamu tidak membuat teman kamu terlihat oleh orang di luar lingkaran pertemanan Facebook mereka.

4. Gunakan Fitur ‘Tag’ dengan Bijak

Menggunakan fitur tag untuk spam atau promosi yang berlebihan dapat membuat teman-teman kamu terganggu. Gunakan fitur ini secara bijaksana dan sesekali saja othername tidak perlu terlalu sering. Kami sarankan untuk gunakan fitur tag jika ingin membagikan hal lucu dan penting saja, ya.

5. Sediakan Pilihan untuk Menghapus Tag

Beritahukan kepada teman bahwa jika mereka tidak nyaman dengan tag yang kamu buat, mereka bisa menghapus tag tersebut.

Dengan begini, teman kamu juga punya kontrol untuk privasi dalam hal tag yang datang kepada mereka, sehingga identitas online dan privasi mereka pun tetap terjaga.

Dengan mengikuti etika ini, diharapkan kamu bisa menjaga hubungan baik dengan teman di media sosial dan menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam berinteraksi secara digital. Ingat, bahwa interaksi di media sosial harus selalu memperhatikan kenyamanan dan privasi semua pihak yang terlibat.

Fungsi Fitur Tag Seseorang di Facebook

Beberapa faktor tidak bisa masuk akun Facebooksumber gambar: dlxmedia.hu/Unsplash

Fitur tag di Facebook adalah salah satu fitur yang paling sering digunakan dan memiliki berbagai fungsi yang mungkin belum kamu ketahui. Fitur ini tidak hanya memudahkan dalam berinteraksi, tapi juga menambah pengalaman baru dalam cara kita berkomunikasi di media sosial. Ini dia beberapa fungsinya:

1. Meningkatkan Interaksi

Saat kamu menandai seseorang di sebuah postingan atau foto, orang tersebut akan mendapatkan notifikasi.

Dengan begitu, secara otomatis akan mendorong mereka untuk melihat postingan tersebut. Kemudian, hal tersebut bisa meningkatkan interaksi melalui like, komentar, atau bahkan membagikan konten tersebut ke postingan yang lebih luas.

2. Memperluas Jangkauan Postingan

Dengan menandai teman, postinganmu dapat muncul di beranda teman-teman orang yang kamu tag, tapi hal ini juga tergantung pada pengaturan privasi mereka, ya.

Jika pengaturan privasinya bisa menampilkan postingan yang kamu tag maka akan memperluas jangkauan kontenmu ke pengguna Facebook lainnya sehingga bisa meningkatkan eksposur dan interaksi dari orang lain.

3. Menghubungkan Konten dengan Orang

Fitur tag membantu menghubungkan konten dengan pengguna Facebook lainnya. Misalnya, jika kamu mengunggah foto acara keluarga, dengan menandai anggota keluarga, foto tersebut menjadi lebih bermakna dan mudah diakses oleh semua yang ada di dalam foto yang memiliki akun Facebook.

4. Pemberitahuan Tentang Acara atau Informasi

Menandai seseorang di postingan tentang sebuah arena atau informasi penting bisa menjadi cara cepat untuk memastikan bahwa orang yang ditag bisa melihat dan merespon terhadap informasi tersebut. Jadi, fitur ini akan sangat membantu untuk pengorganisasian acara atau penyebaran berita penting.

5. Mendokumentasikan Momen

Menandai orang di foto-foto spesial seperti momen pernikahan, wisuda, atau liburan bersama, bisa dijadikan bahan dokumentasi. Jadi, dengan adanya tag, siapa pun bisa melihat kembali kenangan-kenangan tersebut di masa depan.

Jadi, tidak sulit kan untuk tag orang di Facebook? Nah, kalau kamu masih kebingungan dengan hal ini, bisa langsung tanyakan di kolom komentar, ya.