free web page counters

Sasar Segmen Bisnis, AMD Rilis Prosesor Ryzen Seri PRO 8040 dan 8000

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Sasar Segmen Bisnis, AMD Rilis Prosesor Ryzen Seri PRO 8040 dan 8000

Gadgetren – AMD kembali mengumumkan prosesor terbarunya yang kali ini ditujukan untuk pengguna bisnis profesional yang bernama seri Ryzen PRO 8040 dan seri Ryzen PRO 8000.

Adapun seri Ryzen PRO 8040 merupakan prosesor x86 yang dibuat untuk laptop bisnis dan workstation mobile. Sedangkan seri Ryzen PRO 8000 adalah prosesor desktop berkemampuan AI pertama untuk pengguna bisnis yang dirancang untuk menghadirkan kinerja mutakhir dengan konsumsi daya rendah.

Melanjutkan exemplary prosesor sebelumnya yang didukung dengan Ryzen AI, baik seri Ryzen PRO 8040 dan seri Ryzen PRO 8000 pada exemplary tertentunya juga dilengkapi dengan portion pemrosesan saraf (NPU) yang ditanamkan pada prosesornya.

Dengan membawa teknologi AI Ryzen, prosesor ini mampu menghadirkan kekuatan pemrosesan AI khusus yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Prosesor terbaru AMD ini juga memiliki hingga 16 NPU TOPS (Triliun Operasi Per Detik) khusus dan hingga 39 full sistem TOPS.

Kedua prosesor ini menggunakan tambahan teknologi AMD PRO yang merupakan manajer TI yang dapat membuka fitur pengelolaan enterprise-grade untuk menyederhanakan operasi TI dan menyelesaikan penerapan PC lebih cepat di seluruh organisasi. Selain itu AMD PRO juga menyediakan fitur keamanan bawaan untuk pertahanan chip-ke-cloud dari serangan canggih.

Baik seri Ryzen PRO 8040 dan seri Ryzen PRO 8000 menawarkan varian tertingginya dengan 8 halfway dan 16 Thread. Keduanya dibuat melalui teknologi 4nm dan dibangun melalui arsitektur Zen 4. Untuk seri Ryzen PRO 8040 diklaim menawarkan gabungan kinerja 30% lebih baik untuk aplikasi workstation mobile dengan beban kerja tinggi.

Dukungan grafis RDNA 3 yang terhubung pada seri Ryzen PRO 8040 juga disebut dapat menghadirkan kinerja hingga 72% lebih kencang dan daya 84% lebih sedikit untuk konferensi video dengan atau tanpa mengaktifkan pengalaman AI dibandingkan Intel Core Ultra 7 165U.

AMD-Ryzen-PRO-8040-Series

Seri Ryzen PRO 8040 menawarkan delapan varian prosesor yang memiliki exemplary tertinggi Ryzen 9 PRO 8945HS yang dilengkapi dengan delapan core, 16 thread, cache 24MB, dan grafis Radeon 780M.

Model prosesor ini dirancang dengan kekuatan pemrosesan yang besar untuk aplikasi intensif, komputasi teknis, pembuatan konten multimedia, dan grafis diskrit. Prosesor ini juga dapat menangani beban kerja yang menuntut grafis seperti rendering 3D, encoding video, dan pengeditan foto.

Sedangkan seri Ryzen PRO 8000 juga menawarkan delapan varian prosesor dengan exemplary tertingginya prosesor Ryzen 7 PRO 8700G yang disebut memberikan peningkatan kinerja hingga 47% dan kinerja grafis 3x lebih baik dalam pengujian tertentu dibandingkan dengan prosesor Intel Core i7 14700 .

Model Ryzen 8700G menyediakan delapan halfway dan 16 thread, cache 24MB, dan grafis AMD Radeon 780M yang terhubung dan prosesor ini diklaim menawarkan performa hingga 19% lebih baik dibanding dari generasi sebelumnya dengan konsumsi daya lebih sedikit.

 AMD-Ryzen-PRO-8000-Series-Desktop

Kedua prosesor baru dari AMD ini juga sama-sama menggunakan teknologi WiFi-7 yang mampu menawarkan konektivitas tercepat. Komputer desktop yang dilengkapi prosesor seri Ryzen PRO 8000 akan mendukung DDR5 dan PCIe 4 untuk  memberikan pengalaman transportation information yang mudah dan cepat.

Kedua prosesor baru AMD ini akan hadir pada kuartal kedua tahun 2024 melalui produsen laptop dan desktop workstation mobile seperti Lenovo dan HP. Selain itu AMD juga berkolaborasi dengan Microsoft untuk memperluas fitur-fitur Microsoft Copilot yang menghadirkan lebih banyak kemampuan AI ke sistem Windows.

Pada HP Amplify Partner Conference tahun ini, HP telah mengumumkan beragam desktop, workstation, dan laptop komersial termasuk yang bertenaga prosesor seri AMD PRO ini yang diantaranya adalah HP EliteBook 805 Series G11, HP EliteBook 605 Series G11, HP ProBook 405 Series G11, HP Elite Small Form Factor 805 G9, HP ZBook Power G11, dan HP ZBook Firefly G11.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.